Rabu, 18 Mei 2011

Dairy Character

DAIRY CHARACTER

1. Persusuan
Persusuan dapat dilihat dari postur tubuh

2. Bentuk Tubuh
Seperti halnya ternak perah yang lain, sapi perah juga diperlukan suatu pengetahuan mengenai ciri-ciri spesifik sapi perah yang mampu memproduksi susu tinggi. Disamping memilih sapi perah yang berproduksi tinggi, maka perlu juga memilih sapi perah yang performansnya baik, karena dengan performans yang baik dapat digunakan untuk menduga produksi susu. Bentuk umum tubuh sapi perah yang baik meliputi:
a. Tinggi ternak termasuk ketinggian tulang kaki yang cukup, dengan susunan tulang yang panjang sepanjang kerangka tubuhnya.
b. Dahi dan dada cukup kuat dan halus, dada berisi dan cukup lebar diantara kaki depan.
c. Tulang lembusir dan siku menempel kuat dan lembut di dada dan gumba, membentuk satu kesatuan yang lembut di leher dan tubuh.
d. Punggung lurus dan kuat, bagian pinggang luas, kuat dan hampir datar, pantat panjang, lebar, dan hampir setinggi tulang ekor, tetapi sedikit lebih rendah daripada tulang pinggul. Pangkal ekor, menempel hampir sejajar dengan tulang belakang dengan pangkal ekor yang halus.
e. Kaki depan lurus dan jarak keduanya lebar. Kaki belakang hampir tegak lurus dari tumit sampai pergelangan kaki (bila dilihat dari samping) dan akan terlihat lurus bila dilihat dari belakang. Tumit bebas dari jamur, kekasaran, dan kebengkakan. Pergelangan kaki pendek, kuat, dan lentur. Telapak kaki pendek, bundar dengan tumit yang rendah dan telapaknya datar.
Adapun ciri spesifik dari tubuh sapi perah antara lain:
a. Leher panjang, ramping, dan menyatu dengan punggung.
b. Bentuk tenggorokan, gelambir, leher, dan ketiak bagus.
c. Gumba tajam, dengan dagu yang menonjol.
d. Rusuk berjarak lebar, pipih dan panjang.
e. Paha cekung atau pipih, dan bila dilihat dari belakang lebar, untuk menyediakan tempat yang cukup bagi ambing.
f. Kulit tipis, lepas, dan lembut.
(Triana, Y.A., Soemarno M, Sri Haryati. 2001. Dasar Ternak Perah. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan kirimkan komentar Anda yang membangun.