Minggu, 26 September 2010

Sangkar Burung Kenari

Sangkar burung kenari
1.Ukuran sangkar
Menurut jenis dan ukurannya, trerdapat beberapa macam sangkar penangkaran burung kenari. Ada sangkar yang khusus untuk menangkarkan dan ada pula sangkar yang khusus untuk membesarkan. Masing-masing sangkar memiliki ukuran yang berbeda tergantung pada maksud dan tujuannya.

Ukuran sangkar burung kenari yaitu panjang 50 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. Atau Anda bisa juga menyesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika kita ingin menangkarkan burung kenari jenis Holland, ukuran tersebut kurang memenuhi syarat. Namun, jika akan menangkarkan burung kenari jenis yorkshire atau silangan antara yorkshire dan jenis lain, ukuran kandang tersebut kurang memenuhi syarat, maka perlu diperbesar,misalnya panjang 60 cm, lebar 50 cm, dan tinggi 50 cm.

2.Kelengkapan sangkar pada umumnya yaitu tempat bertengger. Bahan untuk bertengger yang baik adalah dahan kayu yang kulitnya agak kasar. Diameternya bervariasi tergantung besar kecilnya burung tersebut. Umumnya dahan kayunya berdiameter 1 cm – 1,5 cm.

3.Sarang tempat bertelur.
Sarang tempat bertelur dapat dibuat dari anyaman bambu atau bahan dari plastik yang diberi potongan tali rami, serabut kelapa, atau daun cemara yang diptong-potong kira-kira 2 cm. Tali rami yang dipotong-potong tersebut bertujuan untuk menghindari agar anak burung yang masih keciln tidak mati terjerat oleh tali-tali yang masih panjang.
Sarang tempat bertelur sebaiknya diletakkan ditempat yang lebih tinggi daripada pintu sangkar.

4.Tempat makan dan minum
Sangkar penangkaran dilengkapi pula dengan tempat makan dan minum yang terbuat dari plastik.Tempat pakan dan minum diletakkan agak berjauhan untuk menghindari agar makanan tidak mudah terkena air ketika burung kenari sedang mandi. Sebaliknya, minuman burung juga tidak mudah dikotori oleh sisa makanan, misalnya kulit biji-bijian.

5.Penjepit sayuran
Penjepit sayuran digunakan untuk menjepi makanan berupa dedaunan atau sayuran. Penjepit sayuran dapat menggunakan penjepit pakaian. Penjepit sayuran ini dapat diletakkan di mana saja, asalkan mudah diraih oleh burung kenari, baik oleh kenari indukan maupuan anak-anak kenari yang sedang belajar makan.

6.Penerangan
Ruang untuk menyimpan sangkar-sangkar penangkaran sebaiknya diberi lampu penerangan yang cukup. Penerangan ini dapat menggunakana lampu pijar 25 watt, atau neon 10 watt yang diletakkan di tempat yang dapat menerangi semua sangkar. Dengan adanya lampu penerangan ini, maka pada malam hari sangkar penangkaran tampat terang. Dengan demikian, indukan burung kenari dapat mencari makanan pada malam hari untuk memberi makanan.
Dikutip dari:
Seri Budidaya Kenari&permasalahannya
By. Sridadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan kirimkan komentar Anda yang membangun.